Kegiatan Pembekalan Siswa PKL SMKN 1 Nanga Pinoh Periode Ke 2 Tahun 2023/2024


PKL

Pembekalan Siswa PKL Periode Ke 2 TA 2023/ 2024. Kegiatan pembekalan diisi oleh masing-masing Kaprodi Jurusan, ada pun tujuan dari pembekalan ini bertujuan agar siswa yang akan berangkat PKL ini bisa maksimal mendapatkan hasil pengalaman kerja yang diharapkan. Meskipun di lapangan praktiknya dapat berbeda dengan ilmu yang telah diajarkan.

Selain itu, pembekalan dilakukan agar siswa/i mempunyai gambaran umum tentang lingkungan di dunia usaha dan dunia industri yang tentunya sangat berbeda dengan lingkungan di dunia pendidikan.

Perbedaan itu diantaranya aturan, teman-teman, aktivitas, tanggung jawab, dsb. Sehingga diperlukan kesungguhan siswa untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat praktik lapangan kerja.

pengarahan PKL

1. Latar Belakang dan Tujuan PKL

Tujuan dari PKL adalah sebuah upaya untuk menjamin supaya angkatan kerja pada masa yang akan datang adalah angkatan kerja yang lebih bermutu dibandingkan dengan angkatan yang ada pada saat ini, salah satunya adalah melalui pengenalan dan penerapan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang telah dimulai sejak tahun pembelajaran 1993/1994 (Kurikulum SMK edisi tahun 1994).

Penyelenggaraan kurikulum dengan pola sistem ganda adalah pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah dan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) sebagai perwujudan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

peserta pkl

Salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan di Dunia Usaha atau Dunia Industri dapat berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL memberikan dan sekaligus mengenalkan kepada peserta didik bagaimana kehidupan di dunia kerja. 

Disamping itu juga sebagai tempat untuk mengetahui seberapa jauh ilmu yang diperoleh di sekolah sinkron dengan dunia kerja dan dunia industry. Selanjutnya dengan adanya PKL peserta didik diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan.

2. Peserta PKL Periode Ke 2

Pada Periode Ke 2 kali ini kegiatan PKL diikuti oleh 93 siswa/i dalam yang terbagi dalam dua jurusan yaitu :
1. Jurusan Multimedia (MM) dan
2. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

3. Penempatan PKL

Ada 23 tempat yang akan dimasuki oleh siswa/i PKL. baik itu kantor-kantor atau instansi pemerintah maupun swasta, ada juga yang ditempatkan tempat usaha perorangan (DUDI) menyesuaikan dengan jurusan siswa/i yang akan melakukan PKL.

Berikut ini daftar penempatan siswa/i PKL SMKN 1 Nanga Pinoh :
  1. PDAM Kab MElawi
  2. UPT KPH Kab Melawi
  3. DPKAD Kab Melawi
  4. Kantor Pertanahan
  5. Kantor Kecamatan Nanga Pinoh
  6. CV. Andika
  7. BPBD Kab Melawi
  8. DUKCAPIL Kab Melawi
  9. BPS Kab Melawi
  10. Kearsipan dan Perpustakaan
  11. PT. ERNA
  12. BAWASLU
  13. CU Usaha Kita
  14. Bank Kal Bar
  15. Bank BRI
  16. Bank Mandiri
  17. Bank Syariah
  18. Dinas Pertanian dan Perikanan
  19. PT. RAFI
  20. Dinas Perhubungan
  21. Kantor POS
  22. Kantor PLN
  23. Dinas PM dan Pelayanan Satu pintu
  24. PT. TELKOM
  25. Pengadaian
  26. Dinas Pemdes

Dengan demikian diharapkan proses pembekalan berjalan dengan lancar, aman dan tetap sehat.Kegiatan pembekalan peserta PKL ini secara resmi dibuka oleh Bapak Tisna Rukmana, S.Pd (Waka Kurikulum) mewakili Kepala Sekolah SMKN 1 Nanga Pinoh dengan didampingi oleh Bapak Supriyadi, S.Pd (Kaprodi DKV), Bapak Kuswanda, S.Pd (Kaprodi TKJ), Ibu Sunarsih, S.Kom dan beberapa guru lainnya.

penyematan pin PKL

Adapun materi pembekalan kali ini adalah :
1. Membangun semangat dan Motivasi Diri
2. Penjelasan umum tentang praktek kerja lapangan
3. Motivasi Kerja
4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
5. Etika, Tata Tertib di Dunia Usaha dan Industri
6. Pengisian jurnal, absensi dan kerangka penilaian
7. Tata cara penulisan laporan

Dengan dilakukannya penyematan secara simbolis kepada perwakilan siswa/i, maka dengan ini PKL SMKN 1 Nanga Pinoh Periode Ke 2 Tahun 2023/2024 dimulai.

pelepasan pserta pkl

Mari sama-sama kita doakan semoga pelaksanaan PKL oelh siswa/i SMKN 1 Nanga Pinoh pada Periode Ke 2 ini dapat berjalan lancar dan peserta didik yang menjalankan PKL selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.


Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol share untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru. Terima Kasih.!

BERITA POPULAR

PENGAWAS SEKOLAH