Extra Badminton SMKN 1 Nanga pinoh


 Extra Badminton

A. Latar Belakang

Ekstrakurikuler merupakan bagian integral dari pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas permainan silat yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai prestasi yang tinggi.

Ekstrakurikuler silat sebagai suatu proses pembinaan prestasi non akademik, ekstrakurikuler silat yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui ekstrakurikuler Badminton . Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.




Ekstra silat memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan diri dan pretasi sekolah, oleh karena itu karena ekstra Badminton sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi dibidang non akademik khususnya olahraga. Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill.

 


Ekstrakurikuler silat merupakan media untuk mendorong prestasi, pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.


B. Tujuan

Ekstrakurikuler Badminton bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan keterampilan teknik dasar bermain Badminton dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik.
2. Pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dasar dan taktik bermain Badminton .
4. Meletakkan landasan bermain Badminton yang benar melalui permainan olahraga Badminton .
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6. Mengembangkan keterampilan bermain Badminton . Memahami konsep bermain Badminton sebagai sarana informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

 

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup ekstrakurikuler silat meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
Aspek Teknik, meliputi : passing bawah, passing atas, serve, Spike/smash, dan Blocking (membendung).
Aspek Fisik, meliputi : kekuatan (strenght), daya tahan (endurance), kelentukan (flexibility), kelincahan (agility), kecepatan (speed), kesimbangan (balance), ketepatan (accuracy), koordinasi (coorditation), reaksi (resction), power, explosive power dan stamina.
Aspek Taktik, meliputi : perorangan, kelompok/regu, bertahan dan menyerang.
Aspek Mental, meliputi : sportif, jujur, disiplin, tanggungjawab, percaya diri, menghargai, berani, pantang menyerah, mental juara, dan semangat bertanding.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu:
1. Kelompok pemula,
2. Kelompok siap latih dan
3. Kelompok siap tanding.

E. Pelatih

Bu. Eka

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol share untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru. Terima Kasih.!

BERITA POPULAR

PENGAWAS SEKOLAH