BMI-MELAWI : Sosialisasi "Sharing Season Gerakan Sadar Halal" Bersama Chelsy Arta di SMKN1 - PNH


kegiatan sosialisasi hallal


AGENDA : Edukasi halal yang tertuang sebagai Pembangunan Kesadaran Halal (PKH) merupakan landasan awal yang harus diberikan oleh setiap umat muslim sejak dini. Pada tingkat remaja, edukasi halal yang ada di Indonesia belum dimasukkan sebagai salah satu kurikulum wajib. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan generasi muda sejak dini untuk melakukan edukasi pembangunan kesadaran halal dalam meningkatkan mutu hidup serta meningkatkan taraf kesehatan generasi muda.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dalam bentuk sosialisasi menggunakan aplikasi zoom secara daring dan pengisian angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dokumentasi, observasi dan tanya jawab selama kegiatan berlangsung. Teknik angket diberikan sebelum pemberian materi dilakukan dan sesudah kegiatan selesai dilaksanakan, dengan tujuan mendapatkan gambaran adanya peningkatan pemahaman sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan edukasi dan sosialisasi ini.

Hasil dari pengabdian ini pemahaman halal dan perilaku sadar halal siswa-siswa di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil tersebut edukasi dan sosialisasi halal sangat diperlukan dalam membangun sikap sadar halal pada generasi muda.

Pak Mutaqim Melakukan pendampingan

Kegiatan hari ini, diikuti oleh siswa-siswa kelas X semua jurusan (AKL, TKJ, TB, DKV) secara khusus bagi yang beragama Islam. Dengan pendamping dipercayakan kepada Pak Mutaqim, S.Pd.i selaku Guru Agama Islam di SMKN 1 Nanga Pinoh.

Mengambil Tema "Sharing Season Gerakan Sadar Halal" yang mana sebagai nara sumber adalah Mba Chelsy Arta sebagai salah satu Founder Kuliner Muslim Indonesia dan Penggerak Sadar Halal (GSH). InsyaAllah beliau akan berbagi ilmu tentang "Jenis-jenis Makanan dan Produk Halal serta Dalil-dalil yang Berkaitan Dengannya". Sosialisasi ini diprakarsai oleh Masjid Kapal Munzalan Indonesia, yang mana kegiatan ini adalah salah satu Agenda Safari Dakwah Daerah Kapuas Raya.

Chelsy

Kita berharap dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi halal yang dilakukan, pemahaman halal siswa-siswa di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh mengalami peningkatan yang cukup signifikan, terutama pada pemahaman definisi dan hukum syubhat, sumber acuan halal, logo halal, syarat dan kriteria produk halal. Pemahaman tersebut diharapkan akan terus bertambah di masa yang akan datang.

Perilaku sadar halal juga mengalami peningkatan yang cukup berarti, utamanya pada sikap mengenali logo halal yang benar, kecenderungan membeli produk halal daripada produk-produk non halal, dan kebiasaan mengecek adanya label pada kemasan.

Dengan demikian, edukasi dan sosialisasi halal sangat diperlukan dalam membangun sikap sadar halal pada generasi muda. (YWS)


Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol share untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru. Terima Kasih.!

BERITA POPULAR

PENGAWAS SEKOLAH